01.38.00

PROGRAM STUDI MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN

# Dasar-Dasar Penangkapan Ikan (PIM 221, 2/0)

Uraian mengenai ruang lingkup, klasifikasi dan pengenalan, teknik pembuatan dan perbaikan alat tangkap. Pengenalan alat bantu dan daerah penangkapan, jenis dan perilaku populasi ikan, teknik dan cara penangkapan dengan berbagai jenis alat tangkap.

# Pengantar Sosial Ekonomi Perikanan (PIM 231, 2/0)

Pengertian dan ruang lingkup. Ciri-ciri umum masyarakat nelayan dan petani ikan. Kelembagaan, stratifikasi, organisasi dan perubahan sosial ekonomi nelayan dan petani ikan. Perairan/tanah, modal, tenaga kerja dalam produksi perikanan. Permintaan dan pemasaran atas hasil perikanan. persoalan-persoalan sosial ekonomi perikanan dan penelitian sosial ekonomi perikanan.

# Ekologi Perairan (PIM 311, 2/1)

Asas dan pengertian ekologi, ekosistem, faktor-faktor pembatas, daur ulang biogeokimia, aliran energi, peubah populasi dan komunitas, proses suksesi dan penerapan ekologi dalam pengelolaan lingkungan perairan.

# Limnologi (PIM 312, 2/1)

Uraian mengenai ruang lingkup; sifat fisika, kimia dan biota air pada perairan tawar, serta hubungan antara faktor-faktor fisis dan kimiawi terhadap kehidupan di perairan tawar. Secara khusus membahas morfologi perairan tawar; peran cahaya, distribusi suhu, oksigen terlarut, karbon dioksida, dan pH terhadap kehidupan di perairan tawar.

# Pengantar Oseanografi (PIM 313, 2/1)

Batasan dan ruang lingkup oseanografi; uraian mengenai sifat fisika, kimia (salinitas, unsur makro dan mikro, kandungan bahan organik) dan biota air laut (plankton, ikan dan non ikan) serta hubungan antara faktor-faktor fisis dan kimiawi terhadap kehidupan di perairan laut. Secara khusus membahas morfologi perairan laut, arus, gelombang, pasang, distribusi suhu, O 2, CO2- dan pH air terhadap kehidupan di laut.

# Ekologi Laut Tropik (PIM 314, 2/1)

Penerapan konsep dan prinsip ekologi dan kekhasan topografi perairan laut tropik. Interaksi antara berbagai struktur masyarakat biota dengan lingkungannya di laut. Studi perbandingan berbagai tipe dan ciri ekosistem bahari dan perkembangannya.

# Produktivitas Perairan (PIM 315, 2/1)

Tipologi dan ontogenik ekosistem perairan. Produktivitas ekosistem perairan. Produktivitas primer dan sekunder. Perkembangan dan dinamika populasi fitoplankton, zooplankton serta zoobentos. Trophodinamik ekosistem perairan.

# Dinamika Populasi Ikan (PIM 316, 2/1)

Konsep, batasan serta indentifikasi populasi dan stok serta parameter peubahnya. Pendugaan parameter pertumbuhan, rekruitmen, mortalitas alami dan penangkapan. Metode pendugaan stok, kurva seleksi alat tangkap, surplus yield model, dinamik pool curve dan konsep pemanfaatan lestari.

# Pengendalian Pencemaran Perairan (PIM 317, 2/0)

Pengertian dan ruang lingkup pencemaran, sumber, jenis dan toksikologi bahan pencemar, dampak dan indikator pencemaran. Cara pengendalian dan perbaikan serta pemanfaatan sumberdaya perairan tercemar untuk usaha perikanan.

# Praktikum Sosial Ekonomi Perikanan (PIM 332, 0/2)

Mahasiswa tinggal dan hidup bersama nelayan/petani ikan untuk mempelajari keadaan sosial-ekonomi mereka secara langsung, aktivitas sosial-ekonomi nelayan/petani ikan, metode penelitian sosial-masyarakat, cara pengumpulan data (wawancara), analisis data dan cara pembuatan laporan/interprestasi.

# Ekonomi Sumberdaya Perikanan (PIM 333, 2/0)

Pengertian dan ruang lingkup. Penerapan pemikiran ekonomi pada sumberdaya ikan, permasalahan konservasi, optimasi pemanfaatan sumberdaya ikan (MSY, MEY dan OSY). Analisis biaya - manfaat, resiko dan ketidakpastian.

# Pembangunan Perikanan (PIM 334, 2/0)

Teori pembangunan perikanan, kedudukan sub sektor perikanan dalam pembangunan nasional. Strategi dan kebijakan pembangunan perikanan, peran negara, swasta dan masyarakat dalam pembangunan perikanan. Peraturan perundangan dan institusi, prasarana dan arana penunjang. Kerjasama dan peran perikanan internasional dalam pembangunan perikanan di Indonesia.

# Pengolahan Data Perikanan (PIM 341, 2/0)

Teknik pengambilan, pengolahan dan penyajian data perikanan. Pengenalan komputer dan sistem eksploitasinya. Penguasaan paket program pengolahan kata dan data base, dan contoh-contoh penerapannya di bidang perikanan. Pengenalan dan pemahaman bahasa basic dan fortran. Pembuatan program-program sederhana untuk pengolahan data perikanan.

# Manajemen Sumberdaya Perikanan I (PIM 342, 3/0)

Pengertian dan konsep manajemen sumberdaya perikanan. Identifikasi potensi sumberdaya ikan (ikan dan non ikan) di perairan tropis. Aplikasi model-model keseimbangan hasil dan pemijahan/peremajaan dalam pengelolaan sumberdaya ikan serta telaah statistik usaha penangkapan dalam estimasi dan manajemen sumberdaya ikan.

# Teknik Penangkapan Ikan (PIM 422, 2/1)

Pengertian dan ruang lingkup penangkapan ikan, pengertian dan cara pengoperasian alat, daerah penangkapan ikan, kapal ikan dan pelabuhan perikanan. Cara penanganan dan pendaratan hasil
tangkap, cara pemeliharaan alat tangkap, pengembangan teknik penangkapan dan pemecahan permasalahan.

# Bahan dan Alat Penangkapan Ikan (PIM 423, 2/0)

Pengertian tentang jenis, klasifikasi, dan karakteristik material, serat-serat tekstil sebagai bahan jaring. Sistem penomoran dan konstruksi yarn, strands dan twine serta perhitungan-perhitungan dan cara pengujian terhadap sifat-sifat fisik bahan jaring. Cara pemeliharaan dan pengawetan bahan dan alat tangkap ikan.

# Tata Niaga Hasil Perikanan (PIM 435, 2/0)

Dasar-dasar pemasaran, meliputi konsep dasar, fungsi dan proses pemasaran, kelembagaan dan saluran pemasaran. Konsep harga dan biaya, sifat penawaran dan permintaan hasil perikanan. Sifat pemasaran hasil perikanan, kebijakan dan peranan pemerintah, strategi perbaikan pemasaran, perdagangan antar negara.

# Ekonomi Perikanan (PIM 436, 2/0)

Pengertian fungsi produksi, substitusi sumberdaya dan hubungan antara beberapa faktor produksi, skala ekonomi usaha tani, pemilihan faktor produksi dan produksi. Resiko dan ketidakpastian dalam produksi perikanan. Pembentukan harga dalam berbagai macam pasar. Pengaruh pajak dan subsidi di pasar produksi dan faktor produksi serta efisiensi.

# Manajemen Sumberdaya Perairan (PIM 443, 2/1)

Pengertian dan konsep manajemen sumberdaya perairan. Evaluasi potensi sumberdaya perairan dan kesesuaian habitat. Pengendalian kesuburan, restorasi dan rehabilitasi perairan. Manajemen habitat, pengendalian tanaman/gulma air, eksploitasi dan konservasi sumberdaya perairan.

# Manajemen Sumberdaya Perikanan II (PIM 444, 2/1)

Evaluasi potensi dan tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan. Prinsip pengendalian, penataan dan pengaturan pemanfaatan sumberdaya secara rasional. Optimasi pemanfaatan sumberdaya perikanan. Aplikasi manajemen pada populasi yang dieksploitasi dan masalah konservasi.

# Konservasi Sumberdaya Perikanan (PIM 445, 2/1)

Pengertian dan konsep konservasi, perencanaan tata ruang dan pengelolaan sumberdaya perikanan diperairan tawar, daerah pesisir dan laut dalam kaitannya dengan tujuan perlindungan dan pelestarian. Tingkah laku dan strategi adaptasi demografi sumberdaya perikanan serta prinsip pengelolaan konservasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar anda di sini!! Thanks!!